Thursday, January 9, 2014

'Tangan Tuhan' tertangkap oleh NASA Space Telescope



Agama dan astronomi jarang sekali tumpang tindih, tapi gambar sinar X terbaru NASA menangkap obyek angkasa yang diibaratkan "Tangan Tuhan."

Foto kosmik "tangan Tuhan" yang dibuat ketika sebuah bintang meledak dan mengeluarkan awan besar material, yang ditangkap teleskop NASA Nuclear Spectroscopic Telescope Array, atau NuSTAR , dalam kelebatan sinar X energi tinggi, menunjukkan warna biru dalam foto. Observatory X-ray Chandra NASA telah memiliki gambar bagian hijau dan merah sebelumnya, menggunakan sinar X dengan energi lebih rendah.

"Sudut pandang yang unik dari NuSTAR, dalam melihat sinar X energi tinggi, menunjukkan benda yang dipelajari kepada kita dengan baik dan wilayah yang sepenuhnya dalam cahaya baru," peneliti utama teleskop NuSTAR ​​Fiona Harrison, dari California Institute of Technology di Pasadena, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Gambar terbaru ini menggambarkan sebuah nebula angin pulsar, yang diproduksi dari sisa-sisa padatan dari sebuah bintang yang meledak dalam supernova. Apa yang tertinggal adalah pulsar, yang disebut PSR B1509-58 (dipendekkan jadi B1509), yang berputar 7 kali per detik meniup angin partikel menjadi materi yang dikeluarkan selama masa sekarat bintang.

Ketika partikel-partikel ini berinteraksi dengan medan magnet di dekatnya, mereka menghasilkan cahaya sinar X dalam bentuk tangan. (Pulsar ini terletak di dekat titik putih terang di gambar tapi tidak bisa dilihat sendirian, kata para pejabat NASA.)

Para ilmuwan tidak yakin apakah materi yang dikeluarkan benar-benar diasumsikan bentuk tangan, atau apakah interaksinya dengan partikel pulsar yang membuatnya tampak seperti itu.

"Kami tidak tahu apakah bentuk tangan adalah ilusi optik," Hongjun An, dari McGill University di Montreal, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Dengan NuSTAR, tangan itu terlihat lebih seperti kepalan, yang memberikan kita beberapa petunjuk."

Awan merah muncul di ujung jari adalah struktur terpisah yang disebut RCW 89. Para astronom percaya, angin pulsar mungkin memanaskan awan itu yang menghasilkan energi cahaya sinar X lebih rendah.

Energi sinar X terlihat NuSTAR dalam rentang 7-25 kiloelectron volt, atau keV, sedangkan energi yang dilihat oleh Chandra berkisar 0,5-2 keV.

Tangan Tuhan ini adalah contoh pareidolia, fenomena psikologis dari pengamatan pada bentuk yang familiar dari suatu gambar acak atau samar. Bentuk umum lainnya dari pareidolia termasuk melihat binatang atau wajah-wajah di awan, atau laki-laki di bulan. Meskipun dengan tampilan supranatural ini, Tangan Tuhan dibentuk dari fenomena alam astrofisika.

sumber

No comments:

Post a Comment